Kamis, 13 Januari 2022

LCD atau Liquid-Crystal Display 16x2 Dengan Arduino Dan Pembahasan Program

 


LCD atau Liquid-Crystal Display

Gambar 1. Rangkaian LCD

Source Code :

#include <LiquidCrystal.h>

 

const int rs = 7, en = 8, d4 = 9, d5 = 10, d6 = 11, d7 = 12; LiquidCrystal lcd(rs, en, d4, d5, d6, d7);

 

void setup (){ lcd.begin(16,2); lcd.print("hello, world!");

}

 

void loop(){ lcd.setCursor(0,1); lcd.print(millis()/1000);

}

Pembahasan Program :

Program

Definisi

#include <LiquidCrystal.h>

Berfungsi sebagai Headerfile, dimana untuk

mengaktifkan fungsi pustaka yang digunakan pada lcd.

const int rs = 7, en = 8, d4 = 9, d5 = 10, d6 = 11, d7 = 12;

LiquidCrystal lcd(rs, en, d4, d5, d6, d7);

Berfungsi sebagai instruksi atau perintah pin- pin LCD yang terhubung adalah “rs, en, d4, d5, d6, d7” kedalam pin-pin pada board

arduino yaitu “7,8,9,10,11,12”

void setup (){ lcd.begin(16,2); lcd.print("hello, world!");

}

lcd.begin(16,2) untuk memberitahu board arduino jenis LCD yang digunakan adalah 16x2 yang berarti memiliki 16 baris dan 2 kolom.

 

lcd.print("hello world!"); menggunakan iintstruksi print untuk teks/huruf yang akan ditampilkan di dalam LCD berada dalam

tanda {“..”} yaitu hello world

 

lcd.setCursor(0,1);

Berfungsi untuk mengeset lokasi koordinat(baris, kolom) dan menyeting cursor hitungan dimana dipasang pada kolom 0, baris 1, dimana baris 1 adalah row k ke 2 karena

perhitungan digital mulai dari angka 0

lcd.print(millis()/1000);

Untuk menghitung detik sejak program dijalankan ulang.a dimana 1000 sebagai batas akhirnya








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keypad Dengan Arduino Dan Pembahasan Program

 KEYPAD Gambar 1. Rangkaian Keypad Source Code : #include<Keypad.h>   const byte ROWS=4; const byte COLS=4; char hexaKeys[...